10 cara untuk mengembangkan Kreatifitas (Bagian 1)

0
376 Posts
557 Points

KEYS TO BE CREATIVE

Kreatifitas seringkali kita gambarkan sebagai sebuah cara berpikir yang 'di luar kotak' (out of the box). Namun sebenarnya ada banyak prinsip yang lebih jelas menggambarkan mengenai apa itu kreatifitas?

enter image description here

  1. EKSPLORASI. Kreatifitas dapat ditumbuhkan jika ada kemauan untuk mengeksplor seluruh kemungkinan yang ada dalam pikiran dan melihat semua peluang yang ada terkait dengan masalah yang sedang dihadapi.
  2. SALAH. Hal yang satu ini seringkali dihindari oleh orang. Padahal prinsip penting inilah yang seringkali dapat memunculkan ide dan kreatifitas yang luar biasa. Dengan melakukan banyak 'kesalahan' dan belajar darinya, maka satu cara kreatif pasti akan ditemukan dari banyaknya cara yang salah itu.
  3. TIDAK SEMPURNA. Seringkali apa yang dicari oleh seseorang adalah kesempurnaan, namun tanpa disadari hal itu justru menumbuhkan sikap posesif dan kaku, sehingga tidak mendukung adanya perubahan. Hal ini jelas bertentangan dengan konsep kreatifitas.
  4. MEMBONGKAR. Kemauan untuk mengubah apa yang seringkali disebut dengan kemapanan, kenyamanan, dan tradisi merupakan salah satu hal praktis yang dibutuhkan oleh kreatifitas...
  5. TIDAK MASUK AKAL. Kata yang satu ini seringkali dianggap sesuatu yang aneh, dan orang cenderung untuk melakukan penilaian yang masuk akal. Padahal ada kalanya justru sesuatu yang 'masuk akal' dapat membendung kreatifitas.

    to be continue..


Keinginan untuk selalu menjadi benar adalah penghalang terbesar bagi gagasan-gagasan baru. Edward De Bono (Penemu)

next on...

  • Tanggapan
  • Resiko
  • Gambaran
  • Analogi
  • Menyenangkan

Apakah anda memiliki cara-cara praktis untuk mengembangkan kreatifitas?

Last edited 22 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

3 Posts/Answers
0
2 Posts
2 Points

  • Orang-orang kreatif suka menempatkan sesuatu bersama-sama . . . terutama hal-hal yang pada awalnya tidak tampak, tapi kemudian muncul dengan lebih jelas. Hal-hal ini bisa berupa kata-kata, gambar, catatan musik, warna, bentuk, benda-benda fisik dan ide-ide....
  • Orang-orang kreatif biasanya adalah orang cenderung penasaran dengan banyak hal, mereka tertarik dengan apa yang mereka dapat perbuat, mereka ingin tahu tentang dunia fisik di sekitar mereka, hubungan, ide dan emosi.
  • Orang-orang kreatif tidak keberatan menjadi berbeda dan dianggap aneh.
  • Orang-orang kreatif biasanya lucu dan kekanak-kanakan. Mereka menikmati bermain-main dengan ide-ide dan fantasi. Mereka tidak mengambil hal-hal yang terlalu serius bahkan untuk hal-hal yang serius sekalipun.

Last edited 17 November 2013


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

0
2 Posts
4 Points

Setiap orang mampu memiliki kreatifitas yang tinggi karena dia menginginkannya dan disiplin untuk terus menciptakan ide-ide baru. Sejak dilahirkan setiap orang memiliki daya kreativitas yg cukup tinggi dalam DNA-nya. Tidak perlu memiliki IQ tinggi untuk menjadi kreatif.

Kreatifitas dapat meningkat / menurun. Kreatifitas turun karena tekanan hidup / stress akibat mengalami tantangan kehidupan maupun dilema, bekerja pada pekerjaan yang tidak disukai, karena terpaksa, dan bekerja pada level jauh di bawah potensi mereka sesungguhnya.

Aktivitas yang berlebihan dapat menimbulkan kejenuhan. Kejenuhan membuat pikiran stagnan. Kita bisa meningkatkan kemampuan kreatif dengan mengamati kebiasaan orang-orang kreatif.

Last edited 17 November 2013


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

0
9 Posts
28 Points

Dengan melakukan curah gagasan dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan banyak gagasan dengan cepat. Proses ini berlandaskan anggapan bahwa sekelompok orang yang bekerja bersama dibawah pimpinan yang baik dapat memunculkan jauh lebih banyak ide dan kemungkinan daripada bekerja masing-masing. Bangun Kepercayaan yang positif bahwa semua masalah bisa diselesaikan adalah sikap yang baik untuk meningkatkan kreativitas. Ide dan kegiatanmu boleh saja dianggap remeh oleh orang lain, namun jika kamu sudah yakin terhadap apa yang kamu kerjakan, tetap lakukan dan buktikanlah! Kreativitas justru akan berkembang pesat ketika seseorang berada dalam keadaan yang tidak baik jika ia mampu untuk tetap optimis.

Anda harus berani menghadapi semua resiko dan hasil dari keputusan yang telah Anda buat. Anda harus menyiapkan rencana bila hasil evaluasi keputusan terbaik Anda tidak sesuai dengan tujuan awal Anda. Untuk bisa seperti itu, jadilah orang yang progresif, kembangkanlah atribut –atribut dan motivasi yang dibutuhkan. Tuangkanlah ide Anda dalam bentuk tulisan dan terimalah perubahan dan tantangan suatu masalah dengan tangan terbuka dengan begitu biasakanlah berpikir terbuka dan fleksibel.

Last edited 16 November 2013


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: